Kurang RKB, Siswa SDN Saplasah Belajar di Teras

Posted: Februari 24, 2016 in Pendidikan

Hujan disertai angin yang tejadi pada medio Desember 2015 lalu di Kecamatan Sepulu, Bangkalan, menerjang atap gedung SDN Saplasah, Kecamatan Sepulu. Akibatnya sebagian atap gedung SDN tersebut rusak.

Meski tidak begitu parah, namun kerusakan itu membuat proses belajar mengajar siswa terganggu. Pihak sekolah khawatir saat proses belajar mengajar berlangsung, atap gedung tiba-tiba roboh dan mengenai siswa di bawahnya.

Kekhawatiran itu sudah disampaikan Kepala Sekolah SDN Saplasah, Drs Kandiawan, M Si, kepada pihak terkait seperti Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Inspektorat, UPT Pendidikan, sampai ke DPRD Kab Bangkalan.

Pihak sekolah berharap, ada bantuan pemerintah yang bisa

merehabilitasi gedung sekolah. Juga,pemerintah melalui Dinas Pendidikan juga diharapkan bisa menambah ruang kelas baru (RKB) di SDN Saplasah mengingat saat ini masih kekurangan kelas.

“Anak-anak masih belajar di teras karena kurang kelas. Kelas 1 dan kelas 2 kadang bergantian masuknya. Kelas 1 masuk pagi, nanti siangnya kelas yang ditempati kelas 1 digunakan kelas 2,” jelasnya. Di sekolah tersebut terdaftar 403 siswa.

Hasil pengamatan tim di lapangan, kondisi SDN Saplasah jauh dari kata representatif untuk digunakan proses belajar mengajar. Saat tim ke kamar mandi siswa, kondisinya jebol, tetapi karena tidak ada kamar mandi lagi akhirnya masih dipakai siswa.

Lantai kelas pun demikian, masih banyak berlubang. Sebelum diterjang puting beliung, kondisi SDN Saplasah kurang ideal. Kondisi ini berlangsung hingga 2 tahun terakhir ini.

“Kalau sekolah ini mau dibangun ruang kelas baru, kami masih terkendala lahan. Sekolah disini lahannya sempit. Pilihannya kalau mau dibangun bisa dibangun secara vertikal, dan bertingkat,” ujar Kandiawan. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s