Minim RKB, Ruang Guru SDN Durin Barat Disekat Jadi Dua

Posted: Februari 24, 2016 in Pendidikan

Memprihatinkan. Begitulah kata yang tepat untuk menggambarkan kondisi SDN Durin Barat Kec Konang, Bangkalan. Bagaimana tidak, selama 12 tahun ini, kondisi sekolah dikatakan kurang memadai.

Fasilitas yang ada sangat jauh dibandingkan dengan SD pada umumnya. Bahkan hanya sedikit guru yang bisa menyandang PNS, dan masih banyak guru-guru atau pengajar yang masih menjabat menjadi guru honorer.
Dari informasi yang didapat, setidaknya ada 3 guru yang menyandang status PNS, sisanya honorer yang sebagian berasal dari luar daerah. Kondisi ini masih butuh perhatian serius.

Kepala SDN Durin Barat Kec Konang, Robbayani mengatakan, sekolah yang

dipimpinnya itu hanya memiliki 400 siswa yang berasal dari desa setempat. Yang memprihatinkan, proses belajar mengajar siswa terganggu karena kurangnya ruang kelas belajar (RKB).

Saat ini SDN Durin Barat hanya memiliki 3 RKB, dan terbilang sangat kurang jika ditakar dengan jumlah siswa yang ada. Untuk menyiasati itu, pihak sekolah kemudian membuat sekat, dalam satu ruangan disekat jadi dua.

“Jadi pada saat yang bersamaan dalam 1 ruang kelas yang disekat jadi 2 ruang terjadi aktivitas belajar mengajar, seringkali siswa merasa terganggu dan tidak bisa konsentrasi menyerap materi pelajaran yang kami sampaikan,” katanya.

Tidak hanya itu, agar proses belajar mengajar menjadi lancar, pihak sekolah rela berbagi ruang guru dengan kelas.

“Ruang guru juga disekat jadi dua. Yang satu ruangan untuk kegiatan belajar mengajar siswa, satunya lagi untuk ruang guru,” jelasnya.

Begitupula dengan halaman depan sekolah. Kondisinya becek jika hujan datang. Dan pemandangan yang lebih ironis ialah masih ada siswa yang mengenakan sandal jepit ke sekolah.

Menyangkut fasilitas yang masih minim termasuk ruang kelas, Robbayani berharap perhatian dari pemerintah. Dia mengakui, sekolah yang dipimpinnya tergolong masih banyak kekurangan baik lokal, ruang kelas serta beberapa fasilitas lain. Dia juga mengaku belum punya anggaran untuk melengkapi kebutuhan sarana dan prasaran sekolah, khususnya RKB. Pun begitu, pihaknya akan berupaya untuk tetap optimal memberikan yang terbaik kepada peserta didik meski minim fasilitas. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s