SDN I Bator Kuasai 65% Juara Mapel se Kecamatan

Posted: Februari 24, 2016 in Pendidikan

Perasaan Ahmad Mujahid tampak riang setelah mendengar namanya disebut sebagai pemenang Juara II Lomba Pidato tingkat kabupaten belum lama ini. Ia tak menyangka, hasil belajar dan berlatihnya selama ini berbuah manis.

Walau demikian, ada satu yang ia sesali saat lomba tersebut. Yakni salah dalam menentukan tema pidato. Andaikan dari awal penitia memberikan informasi yang lengkap, kemungkinan besar ia akan menyabet juara I.

“Dari panitia informasi yang saya terima temanya bebas. Lalu juri bilang

temanya tidak bebas. Makanya saya kaget saat tahu temanya tidak bebas,” katanya.

Siswa kelas 6 SDN Bator I, Kec Klampis, Bangkalan, ini memang memiliki kelebihan dalam hal kreativitas. Ia bangga, bisa mengharumkan nama sekolahnya. Kalau pun saat ini dia tidak bisa ikut lagi dalam lomba karena persiapan unas nanti, namun dia berharap adik-adik kelasnya bisa meraih prestasi yang lebih tinggi dari apa yang diraihnya.

Sementara Kepala Sekolah SDN Bator I, Paini, saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya ikut berterima kasih kepada siswa yang sudah mengharumkan nama sekolah. Ia menyadari, masih banyak kekurang yang harus diperbaiki.

Melalui kerjasama antar guru dan siswa, ia yakin kekurangan itu bisa diatasi. Untuk mempertahankan prestasi itu, strategi yang digunakan yaitu dengan menyiapkan kader sejak kelas 2.
“Mulai kelas 2, kita sudah mencari bibit-bibit dari sekian siswa untuk kita siapkan ikut lomba,” ujarnya.

Dari strategi yang disiapkan itu, terbukti ampuh mengangkat nama SDN Bator I di tingkat kecamatan. Menurut Paini, sekitar 65% juara tingkat di Kecamatan Klampis dari berbagai bidang studi diraih SDN I Bator.

“Tiap tahun kita juara, ada juara MIPA, seni lukis dan anyaman, dan beberapa bidang lain,” ujarnya.
Selain dari lomba MIPA dan kreativitas, ada juga lomba pidato yang diraih Mujahid. Terkait itu, Paini menjelaskan bahwa Mujahid pernah berlaga di tingkat provinsi, namun tidak lolos.

“Walau begitu kami bangga dengan Mujahid. Dan kedepan masih banyak yang harus kami siapkan seperti lomba menyanyi dan puisi. Prestasi itu akan pertahankan minimal ditingkat kecamatan. Dan perlu kami sampaikan bahwa dari 304 siswa SDN I Bator, rata-rata berasal dari 14 desa, dari sebelumnya 3 desa,” tuturnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s