SDN Togubang Kekurangan 3 Guru Mata Pelajaran

Posted: Februari 24, 2016 in Pendidikan

Kekurangan jumlah guru masih merupakan kendala terbesar yang dihadapi pendidikan di Bangkalan. Selain rendahnya pemerataan guru Sekolah Dasar (SD) di pelosok, Kabupaten Bangkalan juga masih kekurangan guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Seperti yang dialami SDN Togubang 2. Di sekolah yang terletak di Desa Tugubang ini, jumlah guru yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS) hanya 1 orang, selebihnya adalah guru honorer.
“Guru PNS hanya kepala sekolah saja, sedangkan guru yang lain hanya honorer,” kata Staf guru SDN Togubang 2, Nurhidayat.

Idealnya, setiap SD dengan enam kelas memiliki 10 tenaga pendidik dan

tenaga kependidikan. Terdiri dari satu kepala sekolah, enam guru kelas, satu guru olahraga, satu guru agama, dan satu pesuruh berstatus PNS.

Namun kenyataan di lapangan berbeda. Selain di SDN Togubang, banyak tenaga pengajar di SD lainnya berstatus sukwan atau GTT. Dari data Disdik Bangkalan, jumlah guru SD berstatus PNS se Kabupaten Bangkalan sebanyak 3.742 orang dengan jumlah SD sebanyak 664 lembaga. Sementara guru berstatus THL berjumlah 541 orang. Dan guru GTT diperkirakan sebanyak 2.627 orang.

Mengenai honor para guru itu disesuaikan dengan kemampuan setiap sekolah. Selain kekuranga guru PNS, di SDN Togubang juga kekurangan guru mata pelajaran sebanyak 3 orang.
Dengan keterbatasan guru itu, praktis kegiatan belajar mengajar kurang optimal karena guru kewalahan menangani ratusan siswa. Siswa yang ada di SDN Togubang tidak hanya berasal dari Kecamatan Geger saja.
“Di luar kecamata ada juga seperti dari Kecamatan Tanah Merah. Karena jarak tempuh yang jauh mereka naik sepeda motor kesini,” katanya. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s