Siswa Wajib Baca 15 Menit Sebelum Belajar

Posted: Februari 24, 2016 in Pendidikan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mewajibkan para siswa untuk membaca buku minimal 15 menit sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah setiap hari. Kegiatan ini merupakan salah satu yang akan dilakukan dalam menerapkan program Penumbuhan Budi Pekerti (PBP).

Anies mengatakan jenis buku yang akan dibaca siswa itu bebas. Kemendikbud menyerahkan penetapan ini kepada pihak sekolah terutama Kepala Sekolah (Kepsek). Hal yang terpenting, kata dia, buku itu harus pantas dan disukai oleh para siswa sesuai dengan tingkatannya.

Program membaca yang dimulai tahun pelajaran baru ini diharapkan bisa

menumbuh kembangkan potensi utuh para siswa. Terutama, pada kemampuan siswa melalui kegiatan membaca buku tersebut. Dengan begitu, budaya membaca di Indonesia bisa berkembang ke depannya.

Menindaklanjuti hal di atas, Wakil Ketua Komisi D DPRD Bangkalan, Mukaffi Anwar, meminta agar seluruh sekolah mengikuti aturan tersebut. Tidak hanya tingkat SMA dan SMP, sekolah di bawahnya juga bisa menerapkan. Harapannya, agar siswa gemar membaca.

“Jadi memang sekolah harus mengagendakan 15 menit membaca sebelum proses belajar mengajar dimulai,” tuturnya.

Tiap tahun, DPRD dan Dinas Pendidikan berupaya meningkatkan minat baca siswa, diantaranya melalui pembangunan perpustakaan yang dialokasikan dari dana alokasi khusus (DAK). Dengan adanya DAK, perpustakaan bisa dimaksimalkan sehingga siswa tertarik untuk membaca.

“Kami akan minta data, mana sekolah yang belum punya perpustakaan atau sekolah yang sudah punya perpustakaan tapi tidak difungskan sebagai perpustakaan,” katanya. Data tersebut akan dijadikan acuan untuk membangun perpustakaan sekolah yang lebih baik dan memadai. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s