Reng Tani, Tetap Melangkah Memajukan Brand Fashion Pertanian

Posted: Juni 19, 2016 in Bisnis dan Ekonomi
IMG_20160513_204547

Logo Reng Tani, brand kaos

Pengalaman adalah cerita terbaik untuk dituliskan. Demikian sepenggal paragraf yang sempat saya dengar dari salah satu pengusaha, dalam perbincangan di suatu malam di pinggiran Kota Surabaya.

Pengalaman dalam mendirikan usaha bagi saya ibarat pelangi, yang terdiri beragam warna. Ada merah, kuning, hingga hijau. Pernah dikhianati, ditinggal rekan saat merintis usaha, sampai ditipu. Namun hal itu tak membuat saya kendur untuk mencapai sesuatu yang telah saya tulis, kemudian diceritakan.

Salah satu yang ingin saya ceritakan saat ini adalah lini usaha saya, yaitu #RengTani. Sekilas membaca kata #RengTani akan menjurus kepada sektor pertanian. Memang benar, #RengTani adalah brand di bidang fashion (fesyen).

Istilah ini diambil dari 2 kata, Reng yang berarti Oreng (bahasa Madura, dalam Indonesia artinya Orang). Lalu Tani, yang artinya Petani. Dua kolaborasi kata ini menjadi #RengTani, yang dipakai sebagai brand souvenir tentang pertanian berupa kaos, muk, topi, dan lain sebagainya.

#RengTani lini bisnis yang saya rintis, disamping ada kopi premium dengan brand Happy Koffie. Awalnya memulai bisnis ini saya dibantu dengan seorang rekan, tapi seiring perjalanannya dia kemudian melepas begitu saja yang kami rintis.

Tampaknya Tuhan masih baik kepada saya, karena memberi petunjuk sebelum usaha #RengTani ini berjalan sampai jauh. Saya tidak ingin membatasi siapapun untuk ikut jadi tim saya merintis usaha ini. Saya ingin menjalani usaha ini seoptimal mungkin, berbagi rejeki dengan teman.

Dan ada kebanggaan tersendiri bagi saya, saat bisa berbagi dengan teman dan melihat mereka makmur dari hasil yang kami capai. Prinsip saya, ingin menjadi kaya bukan dari limpahan (warisan), tapi kaya dengan latihan. Dengan begini, saya tidak akan pernah melupakan betapa kerasnya proses mendirikan suatu karya usaha ini.

Saya suka pertanian, dan terlibat terus dalam perkembangan pertanian di Indonesia. Karya #RengTani ini ingin saya dedikasikan ke pertanian di Indonesia, agar tetap maju dan tidak ditinggalkan pemudanya.

Dukungan teman-teman yang sudah menjadi pelanggan tetap #RengTani, team saya di usaha ini, yang membuat usaha ini bertahan. Perjalanan mengembangkan brand #RengTani ini kalau diibaratkan membaca buku masih berada di bab ketiga, dari 20 bab yang ada.

Masih banyak yang harus saya perbuat. Masih banyak yang harus saya baca, untuk bisa sampai kepada kesimpulan di bab terakhir. (Junaidi)

Untuk informasi seputar produk fashion #RengTani, bisa hub ptms40[at]gmail.com atau 0812 3122 4497

Tinggalkan Balasan

