Reng Tani, Fashion Desain Kopi Kian Berkembang

Posted: Agustus 9, 2016 in Bisnis dan Ekonomi

IMG-20160809-01135Sub sektor industri kratif yang terus berkembang mengikuti perputaran zaman ialah fashion. Desain unik dan menarik terus bermunculan. Berbagai event dan pameran juga selalu diisi dengan fashion.

Salah satu pemain di industri fashion yang kini mulai berkembang ialah Didik. Jika selama ini desain yang diangkat ialah tema tentang alam atau kehidupan perkotaan, tapi tidak dengan Didik.

Dia mengusung tema pertanian di setiap desain di kaos yang diproduksinya. Beberapa desain itu dikhususkan dengan gambar kopi. Faktor yang mendorongnya untuk mempertahankan desain tentang kopi ini ialah bahwa kopi merupakan komoditi yang tidak hanya hanya soal rasa dan aroma, tapi juga gaya.

Dengan kaos brand Reng Tani ini, dia mulai fokus bagaimana mengangkat kopi tanah air. Desain-desain unik itu antara lain memadukan gambar kopi dengan tulisan. Seperti “Sory no wifi inly coffee”, “Coffee Machine”, dan lain sebagainya.

Kaos yang diproduksi kualitas premium dan satu desain diproduksi terbatas. Tiap desain, hanya mencetak 12 pcs, dan itupun dengan beragam ukuran dan warna. Bahan yang dipakai ialah cotton combed 20s dan 30s. Bahan ini cukup halus dan menyerap keringat. Saat dipakai juga tidak panas.

Jika kaos dengan bahan yang sama di jual di Distro dengan harga mulai Rp 70.000 hingga ratusan ribu, maka kaos brand Reng Tani hanya dijual Rp 60.000 per pcs. Harga ini sangat murah, bila dibandingkan dengan toko-tok lain dengan kualitas yang sama.

Kaos brand Reng Tani sejauh ini sudah dipesan oleh pelanggannya yang datang dari berbagai penjuru nusantara. Sempat dia mengirim ke Purwokerto, Palu, sampai Bukittinggi. Bahkan, ada pula yang pesan untuk dijual lagi.

Dalam memproduksi ini, Didik menggandeng ahli konveksi kenamaan di Bandung. Sebelum memproduksi, dia melakukan riset bagaimana desain itu dimintai pasar. Terbukti, hasil riset itu cukup jitu untuk meningkatkan penjualan. Sehari, ratusan kaos terjual dengan sistem ritel dan grosir.

Pelanggan ada yang datang sendiri ke workshop-nya, ada pula yang pesan melalui online di nomor 081231224497. Rata-rata penjualan terbanyak dari sistem online. Ini disebabkan oleh pesatnya teknologi yang merambah ke berbagai industri termasuk fashion. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s